Kamis, 07 Februari 2013

Contextual Teaching and Learning Matematika: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4

Judul Buku                  : Contextual Teaching and Learning Matematika: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4
Penulis Buku           : Atik Wintarti, Idris Harta, Endah Budi Rahaju Pradnyo Wijayanti, R. Sulaiman, Sitti Maesuri, C. Yakob, Masriyah, Kusrini, Mega Teguh Budiarto 
Ilustrasi, Tata Letak : Direktorat Pembinaan SMP 
Perancang Kulit       : Direktorat Pembinaan SMP 
Ukuran Buku           : 21 x 30 cm 
Penerbit Buku          : Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008



Buku Matematika SMP Klelas VII ini disusun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan buku referensi yang memenuhi Standar Isi yang telah ditetapkan pemerintah. Disamping itu, buku ini juga bermaksud untuk memenuhi tuntutan pemerintah dalam rangka penyedian buku bermutu sesuai standar yang telah ditetapkan oleh BSNP. Buku ini berisi sembilan bab yaitu: bab 1 tentang Bilangan Bulat, bab 2 tentang Bilangan Pecahan, bab 3 tentang Bentuk Aljabar, bab 4 tentang Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, bab 5 tentang Perbandingan, bab 6 tentang Himpunan, bab 7 tentang Garis dan Sudut, bab 8 tentang Segiempat dan bab 9 tentang Segitiga.
Disamping mempertimbangkan Standar Isi, urutan bab memperhatikan  hierarki materi. Tiap bab dibagi menjadi beberapa subbab. Banyak subbab sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi  yang dituntut oleh Sandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Untuk mempelajari buku ini, ikutilah mulai uraian bagian awal hingga bagian akhir secara berurutan. Tidak disarankan siswa langsung mempelajari rangkuman pada bagian akhir bab tanpa mempelajari bagian awal. Hal itu dikarenakan banyak bagian yang harus diikuti, dilakukan siswa untuk membangun suatu konsep. Lakukanlah kegiatan baik itu berupa kerja kelompok maupun Kegiatan Lab Miniuntuk dapat memperdalam pengetahuanmu tentang suatu konsep. Lab Mini disusun untuk memberikan pengalaman pada siswa untuk dapat menduga, menganalisis data, menyimpulkan dan mengkonstruksi suatu ide.

Materi Buku :
1.         BILANGAN BULAT
2.        Bilangan Bulat dan Lambangnya
3.        Operasi pada Bilangan Bulat
4.       BAB II BILANGAN PECAHAN
5.       Pecahan dan Bentuknya
6.       Operasi pada Pecahan
7.       Notasi Ilmiah
8.       BENTUK ALJABAR
9.       Bentuk Aljabar dan Operasinya
10.     Operasi Bentuk Pecahan Aljabar
11.       PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER
12.      SATU VARIABEL
13.      Kalimat Matematika
14.     Pengertian Persamaan Linier Satu Variabel
15.     Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel
16.     Pertidaksamaan Linier Satu Variabel
17.     Menggunakan Bentuk Aljabar dalam Aritmetika Sosial
18.     PERBANDINGAN
19.     Gambar Berskala
20.    Arti Perbandingan
21.      Perbandingan Senilai
22.     Perbandingan Berbalik Nilai
23.     HIMPUNAN
24.    Pengertian Himpunan dan Anggota Himpunan
25.    Menyatakan Himpunan
26.    Himpunan Berhingga dan Tak Berhingga
27.    Diagram Venn
28.    Irisan Himpunan
29.    Gabungan Himpunan
30.    Komplemen dan Selisih Himpunan
31.      Evaluasi Mandiri
32.     GARIS DAN SUDUT
33.     Kedudukan dua Garis dan Jenis Sudut
34.    Melukis dan Membagi Sudut
35.    SEGIEMPAT
36.    Persegipanjang
37.    Persegi
38.    Jajar genjang
39.    Belah ketupat
40.   Layang-layang
41.     Trapesium
42.    SEGITIGA
43.    Segitiga dan Sifat Sudut Pada Segitiga
44.   Melukis Segitiga dan Garis-garis Pada Segitiga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar