Judul Buku : Contextual
Teaching and Learning Matematika: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Kelas VII Edisi 4
Penulis Buku : Atik Wintarti, Idris Harta, Endah Budi Rahaju Pradnyo Wijayanti, R. Sulaiman, Sitti Maesuri, C. Yakob, Masriyah, Kusrini, Mega Teguh Budiarto
Ilustrasi, Tata Letak : Direktorat Pembinaan SMP
Perancang Kulit : Direktorat Pembinaan SMP
Ukuran Buku : 21 x 30 cm
Penerbit Buku : Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008
Penulis Buku : Atik Wintarti, Idris Harta, Endah Budi Rahaju Pradnyo Wijayanti, R. Sulaiman, Sitti Maesuri, C. Yakob, Masriyah, Kusrini, Mega Teguh Budiarto
Ilustrasi, Tata Letak : Direktorat Pembinaan SMP
Perancang Kulit : Direktorat Pembinaan SMP
Ukuran Buku : 21 x 30 cm
Penerbit Buku : Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008
Buku Matematika SMP Klelas VII ini disusun untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat akan buku referensi yang memenuhi Standar Isi yang
telah ditetapkan pemerintah. Disamping itu, buku ini juga bermaksud untuk
memenuhi tuntutan pemerintah dalam rangka penyedian buku bermutu sesuai standar
yang telah ditetapkan oleh BSNP. Buku ini berisi sembilan bab yaitu: bab 1
tentang Bilangan Bulat, bab 2 tentang Bilangan Pecahan, bab 3 tentang Bentuk
Aljabar, bab 4 tentang Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, bab 5
tentang Perbandingan, bab 6 tentang Himpunan, bab 7 tentang Garis dan Sudut,
bab 8 tentang Segiempat dan bab 9 tentang Segitiga.
Disamping mempertimbangkan Standar Isi, urutan bab memperhatikan hierarki materi. Tiap bab dibagi menjadi
beberapa subbab. Banyak subbab sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi yang dituntut oleh Sandar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar. Untuk mempelajari buku ini, ikutilah mulai uraian bagian awal
hingga bagian akhir secara berurutan. Tidak disarankan siswa langsung mempelajari
rangkuman pada bagian akhir bab tanpa mempelajari bagian awal. Hal itu dikarenakan
banyak bagian yang harus diikuti, dilakukan siswa untuk membangun suatu konsep.
Lakukanlah kegiatan baik itu berupa kerja kelompok maupun Kegiatan Lab Miniuntuk
dapat memperdalam pengetahuanmu tentang suatu konsep. Lab Mini disusun untuk memberikan
pengalaman pada siswa untuk dapat menduga, menganalisis data, menyimpulkan dan
mengkonstruksi suatu ide.
Materi Buku :
1.
BILANGAN BULAT
2.
Bilangan Bulat dan Lambangnya
3.
Operasi pada Bilangan Bulat
4.
BAB II BILANGAN PECAHAN
5.
Pecahan dan Bentuknya
6.
Operasi pada Pecahan
7.
Notasi Ilmiah
8.
BENTUK ALJABAR
9.
Bentuk Aljabar dan Operasinya
10. Operasi Bentuk
Pecahan Aljabar
11.
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER
12.
SATU VARIABEL
13.
Kalimat Matematika
14. Pengertian
Persamaan Linier Satu Variabel
15. Menyelesaikan
Persamaan Linier Satu Variabel
16. Pertidaksamaan
Linier Satu Variabel
17. Menggunakan
Bentuk Aljabar dalam Aritmetika Sosial
18. PERBANDINGAN
19. Gambar Berskala
20. Arti
Perbandingan
21.
Perbandingan Senilai
22. Perbandingan
Berbalik Nilai
23. HIMPUNAN
24. Pengertian
Himpunan dan Anggota Himpunan
25. Menyatakan
Himpunan
26. Himpunan
Berhingga dan Tak Berhingga
27. Diagram Venn
28. Irisan Himpunan
29. Gabungan
Himpunan
30. Komplemen dan
Selisih Himpunan
31.
Evaluasi Mandiri
32. GARIS DAN SUDUT
33. Kedudukan dua
Garis dan Jenis Sudut
34. Melukis dan
Membagi Sudut
35. SEGIEMPAT
36. Persegipanjang
37. Persegi
38. Jajar genjang
39. Belah ketupat
40. Layang-layang
41. Trapesium
42. SEGITIGA
43. Segitiga dan
Sifat Sudut Pada Segitiga
44. Melukis
Segitiga dan Garis-garis Pada Segitiga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar